Minggu, 18 November 2012

Contoh Hubungan Media (Media Relation)

Media relations merupakan bagian dari Public Relations eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publik untuk mencapai tujuan organisasi. Perusahaan menggunakan media massa sebagai medium untuk menyampaiakan pesan dan pencintraan kepada publik. Hubungan Media (media relation) melibatkan berbagai media untuk tujuan menginformasikan kepada publik, kebijakan dan praktek misi organisasi secara positif, konsisten dan kredibel. Biasanya, ini berarti koordinasi langsung dengan orang-orang yang bertanggung jawab untuk memproduksi berita dan fitur di media massa.

Tujuan hubungan media adalah untuk memaksimalkan cakupan positif di media tanpa membayar untuk itu secara langsung melalui iklan. Banyak orang menggunakan istilah public relations dan media relations bergantian. Hubungan media mengacu pada hubungan bahwa sebuah perusahaan atau organisasi mengembangkan dengan wartawan, sedangkan hubungan masyarakat yang melampaui hubungan media kepada publik.

Contoh Kasus:

Zat Pengawet dalam Minuman Mizone


 5w+1H
kasus apa? : zat pengawet dalam minuman mizone
kapan terjadi peritiwa tersebut? : Pada tahun 2006 terdapat isu tentang adanya zat pengawet dalam produk minuman suplemen Mizone produksi Aqua yang dapat menyebabkan penyakit lupus
awal mula nya dimana isu itu beredar? : jakata, Pada tahun 2006
mengapa minuman tersebut diduga mengandung bahan pengawet yg berbahaya dan di tarik dari pasaran : karena mengandung bahan pengawet yang berbahaya. Kasus yang terjadi adalah karena perusahaan hanya mencantumkan satu dari dua bahan pengawet yang digunakan dalam produknya. Menurut pernyataan dari pihak BPOM yang menyebabkan produk minuman tersebut melanggar ketentuan perlabelan. Sebab, komposisi bahan kandungan yang tertera di label produk tidak sesuai dengan yang disebutkan saat mengajukan izin peredaran.
siapa yang menyikapi isu yang berkembang di masyrakat tersebut? : menyikapi isu  tersebut maka Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengadakan pertemuan dengan Komite Masyarakat Anti Bahan Pengawet (Kombet) untuk membahas mengenai minuman yang diduga mengandung bahan minuman yang memiliki komposisi yang tidak sesuai dengan bahan yang telah didaftarkan ke BPOM itu sendiri dan dianggap berbahaya bagi kesehatan masyarakat jika dikonsumsi secara terus menerus.
bagaimana pihak BPOM serta menanggapi kasus tersebut? : Dalam menindaklanjuti kasus ini, pihak BPOM meminta produk Mizone ditarik dari pasaran dan labelnya pun harus diganti untuk merubah image buruk yang sudah terbentuk dalam benak masyarakat luas. Dengan demikian pihak Aqua sebagai produsen mizone menarik kembali produk-produk yang telah beredar di pasar dan memperbaiki pelabelan yang sudah ada pada tahun 2008. Dari pihak perusahaan terdapat usaha-usaha untuk memperbaiki produk yang dimilikinya, tetapi mereka punya problem selanjutnya yaitu menjelaskan kepada publik bahwa rumor yang berkembang tersebut tidaklah benar.

Maka pada tanggal 14 Maret 2009 mengadakan press release dengan mengundang media cetak ternama seperti Kompas, Media Indonesia, The Jakarta Post, Seputar Indonesia dll serta mengundang para pakar seperti anggota BPOM dll. Setelah press release tersebut pihak Mizone kembali dengan gencar mangadakan sosialisasi produk Mizone baru dengan mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah, mengadakan tantangan-tantangan dll dan hasilnya Mizone kembali dapat merebut pangsa pasar yang mulai menurun.
Dari kaus Mizone ini sangat jelas sekali bagaiamana media sangat berperan sebagai penghubung kepada publik dalam menciptakan, membangun maupun memeilhara citra perusahaan. Untuk menciptkanan, membangun dan memlihara citra perusahaan tidak dapat tidak melibatkan media penghubung..




sekian teman-teman dari saya semoga bermanfaat :):)
 .







Tidak ada komentar:

Posting Komentar