Contoh Hubungan Media (Media Relation)
Media
relations merupakan bagian dari Public Relations eksternal yang membina
dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana
komunikasi antara organisasi dengan publik untuk mencapai tujuan
organisasi. Perusahaan menggunakan media massa sebagai medium untuk
menyampaiakan pesan dan pencintraan kepada publik. Hubungan Media (media
relation) melibatkan berbagai media untuk tujuan menginformasikan
kepada publik, kebijakan dan praktek misi organisasi secara positif,
konsisten dan kredibel. Biasanya, ini berarti koordinasi langsung dengan
orang-orang yang bertanggung jawab untuk memproduksi berita dan fitur
di media massa.
Tujuan hubungan media adalah
untuk memaksimalkan cakupan positif di media tanpa membayar untuk itu
secara langsung melalui iklan. Banyak orang menggunakan istilah public
relations dan media relations bergantian. Hubungan media mengacu pada
hubungan bahwa sebuah perusahaan atau organisasi mengembangkan dengan
wartawan, sedangkan hubungan masyarakat yang melampaui hubungan media
kepada publik.
Contoh Kasus:
Zat Pengawet dalam Minuman Mizone
5w+1H
kasus apa? : zat pengawet dalam minuman mizone
kapan terjadi peritiwa tersebut? : Pada tahun 2006 terdapat isu tentang adanya zat pengawet dalam produk
minuman suplemen Mizone produksi Aqua yang dapat menyebabkan penyakit
lupus
awal mula nya dimana isu itu beredar? : jakata, Pada tahun 2006
mengapa minuman tersebut diduga mengandung bahan pengawet yg berbahaya dan di tarik dari pasaran : karena mengandung bahan pengawet yang berbahaya. Kasus yang
terjadi adalah karena perusahaan hanya mencantumkan satu dari dua bahan
pengawet yang digunakan dalam produknya. Menurut pernyataan dari pihak
BPOM yang menyebabkan produk minuman tersebut melanggar ketentuan
perlabelan. Sebab, komposisi bahan kandungan yang tertera di label
produk tidak sesuai dengan yang disebutkan saat mengajukan izin
peredaran.
siapa yang menyikapi isu yang berkembang di masyrakat tersebut? : menyikapi isu tersebut maka Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengadakan
pertemuan dengan Komite Masyarakat Anti Bahan Pengawet (Kombet) untuk
membahas mengenai minuman yang diduga mengandung bahan minuman yang
memiliki komposisi yang tidak sesuai dengan bahan yang telah didaftarkan
ke BPOM itu sendiri dan dianggap berbahaya bagi kesehatan masyarakat
jika dikonsumsi secara terus menerus.
bagaimana pihak BPOM serta menanggapi kasus tersebut? : Dalam menindaklanjuti kasus ini, pihak BPOM meminta produk Mizone
ditarik dari pasaran dan labelnya pun harus diganti untuk merubah image
buruk yang sudah terbentuk dalam benak masyarakat luas. Dengan demikian
pihak Aqua sebagai produsen mizone menarik kembali produk-produk yang
telah beredar di pasar dan memperbaiki pelabelan yang sudah ada pada
tahun 2008. Dari pihak perusahaan terdapat usaha-usaha untuk memperbaiki
produk yang dimilikinya, tetapi mereka punya problem selanjutnya yaitu
menjelaskan kepada publik bahwa rumor yang berkembang tersebut tidaklah
benar.
Maka pada tanggal 14 Maret 2009 mengadakan press release dengan
mengundang media cetak ternama seperti Kompas, Media Indonesia, The
Jakarta Post, Seputar Indonesia dll serta mengundang para pakar seperti
anggota BPOM dll. Setelah press release tersebut pihak Mizone kembali
dengan gencar mangadakan sosialisasi produk Mizone baru dengan
mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah, mengadakan tantangan-tantangan
dll dan hasilnya Mizone kembali dapat merebut pangsa pasar yang mulai
menurun.
Dari kaus Mizone ini sangat jelas sekali bagaiamana media sangat
berperan sebagai penghubung kepada publik dalam menciptakan, membangun
maupun memeilhara citra perusahaan. Untuk menciptkanan, membangun dan
memlihara citra perusahaan tidak dapat tidak melibatkan media
penghubung..
sekian teman-teman dari saya semoga bermanfaat :):)
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar